RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
SD :
Muhammadiyah Bantul Kota
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/ Semester
: IV/ 2
Pertemuan/Unit
: 1/2
Materi Ajar
: Healthy Habits
Alokasi Waktu
: 2
Pertemuan (2 x 35 menit)
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) :
1.
Reading
·
Standar Kompetensi :
-
Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
·
Kompetensi Dasar :
-
Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata,
frasa, dan kalimat sangat sederhana.
-
Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana.
2.
Writing
·
Standar Kompetensi :
-
Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas.
·
Kompetensi Dasar :
-
Mengeja ujuran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan
berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan: kata, frasa, dan
kalimat sangat sederhana.
-
Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan
berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertulis.
Indikator :
·
Siswa
mampu merespon dan mengungkapkan berbagai macam kebiasaan hidup sehat (healthy habits) secara lisan dan wajar
dalam konteks yang sesuai.
·
Siswa
mampu mengidentifikasi berbagai macam kebiasaan hidup sehat (healthy habits) dalam konteks yang
sesuai.
·
Siswa
mampu berbicara jujur dan memiliki rasa ingin tahu tentang apa yang ada di
sekitarnya.
·
Siswa
mampu berperilaku mandiri, kreatif dan bertanggung jawab terhadap segala
sesuatu yang berada di sekitarnya.
Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu
mengungkapkandan merespon dengan baik dan wajar secara lisan maupun tertulis dalam konteks percakapan sederhana
yang berhubungan tentangkebiasaan-kebiasaan
hidup sehat (healthy habits)yang berada di sekitarnya, dengan baik dan
benar dengan guru maupun teman.
Metode Pembelajaran :
a.
Tatap Muka
Siswa mengamati dan mendapatkanberbagai kebiasaan hidup sehat (healthy habits) dari guru atau temannya sehingga para siswa mampu menerapkan apa yang
didapatkannya itu secara komunikatif.
b.
Terstruktur
·
Siswa mengungkapkankebiasaan hidup sehat.
·
Siswa mengidentifikasi kebiasaan hidup sehat dan memahaminya.
c.
Mandiri
Siswa menyebutkan berbagai kebiasaan hidup sehat yang diketahuinya kepada teman-teman dan guru
baik di dalam maupun di luar kelas dalam kesempatan yang tepat.
Langkah-langkah Aktivitas
Pembelajaran :
1.
Kegiatan Awal ( 5 menit)
·
Guru menyapa siswa dan siswa merespon.
·
Sebagai brainstroming, guru menyapa siswa dalam
bahasa Inggris dengan sapaan formal dan kemudian memperkenalkan diri dan
menanyakan beberapa nama pada muridnya kemudian siswa menjawab untuk mengetahui
apakah siswa sudah mampu memberikan respon pada sapaan-sapaan formal dan
perkenalan.
·
Berinteraksi dengan siswa
tentang berbagai hal yang berhubungan dengan materi.
2. Kegiatan Inti ( 55 menit)
Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
·
Guru menanyakan siswa tentangkebiasaan hidup sehat.
·
Guru memberi penjelasan sederhanakebiasaan hidup sehat.
·
Guru mempresentasikan materi healthy
habitskepada para siswa.
·
Siswa diminta mendengar apa
yang diucapkan guru dan mengulanginya secara klasikal, berkelompok, dan
individu.
·
Guru memperhatikan pengucapan
siswa dan membetulkan jika salah.
·
Guru meminta siswa mengidentifikasiberbagai kebiasaan hidup sehat tersebut.
·
Siswa mengerjakan tugas tentang
healthy habits.
·
Guru bersama siswa
mendiskusikan tugas tersebut.
3. Kegiatan Penutup ( 10 menit)
·
Guru menyapa siswa dan siswa memberikan respon.
·
Guru menanyakan siswa, kesulitan
selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
·
Guru meringkas dan menyimpulkan materi yang telah
dipelajari dan meminta siswa untuk mempelajarinya kembali di rumah.
·
Guru mengucapkan salam perpisahan dengan riil kepada
siswa dan siswa diharapkan merespon dengan benar.
Sumber/ Bahan/ Alat Pembelajaran :
1. Sumber
utama : buku teks Speed Up English 4karya Rita
Kurniawan, dkk ( Penerbit Yudhistira, Jakarta).
2. Gambar-gambar
yang relevan dengan materi ajar.
3. Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian Hasil Belajar
1. Aspek yang dinilai :
·
Reading/Writing :
Pengucapan, kelancaran, diction, akurasi, intonasi, grammar.
2. Teknik Penilaian :
·
Tes
lisan/tertulis
·
Obsevasi
kelas
3. Contoh Penilaian :
·
Teknik : Tes
tertulis
·
Bentuk :
complete sentencestentang healthy habits
·
Contoh
instrumen :
Guru : Do you like to cut your nail?
Siswa : Yes, I do.
Guru : It’s good because it’s one of healthy habits.
4. Contoh Format Penilaian:(terlampir)
Bantul,21April2012
Mengetahui,
Guru Mata
Pelajaran, Praktikan,
Neni Puji Astuti, S. Pd., Ani
Lia Kusrini
08004350
No comments:
Post a Comment